Minggu, 22 Juli 2018

Apa Pengertian Bakti Sosial

apa pengertian bakti sosial

baksos merupakan salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia

bakti sosial diadakan pada hari Jumat tanggal 6 Desember 2019 bakti sosial dilakukan selama 4 Minggu kapan bakti sosial berakhir​

Jawaban:

3 Januari 2020

Penjelasan:

1 Minggu = 7 hari

4 Minggu = 7 × 4 = 28 hari

6 Desember 2019 + 28 hari

= 3 Januari 2020

pengertian berbakti adalah​

Kata Berbakti secara bahasa di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI) mengandung arti tunduk atau setia kepada Tuhan Yang Maha Esa. Perilaku berbakti secara umum juga ditunjukkan untuk perilaku berbakti  kedua orang tua dimana seorang anak akan tunduk kepada kedua orang tau selama itu dalam hal kebaikan. Perilaku berbakti kepada kedua orang tua dalam islam merupakan salah satu bagian dari perilaku terpuji.

Pembahasan

Perilaku berbakti kepada kedua orang tua dalam ajaran islam hukumnya adalah wajib untuk dilakukan atau wajib untuk dikerjakan oleh seorang anak. Banyak dalil naqli yang menyebutkan tentang kewajiban untuk berbakti kepada kedua orang tua baik itu dalil naqli dari ayat Al Qur'an atau dalil naqli dari hadis nabi. Salah satu dalil naqli yang menyebutkan tentang kewajiban untuk berbakti kepada kedua orang tua dari ayat Al Qur'an adalah firman Allah yang dapat kita jumpai di dalam Surah Al Isra ayat yang ke 23.

Lafadz dari firman Allah yang dapat kita jumpai di dalam Surah Al Isra ayat yang ke 23 menggunakan huruf hijaiyah adalah  وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعْبُدُوْٓا اِلَّآ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسٰنًاۗ اِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَآ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَآ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا. Di dalam ayat tersebut selain menjelaskan tentang perintah berbakti kepada kedua orang tua juga menjelaskan tentang hal lainnya yaitu:

  • Perintah bagi semua orang muslim beribadah atau menyembah hanya kepada Allah dan tidak beribadah atau menyembah kepada selain Allah.
  • Tata cara atau perilaku yang dapat dilakukan untuk menunjukkan sikap berbakti kepada kedua orang tua.

Pelajari lebih lanjut  

  1. Materi tentang pendapat mengenai orang yang bersuudhan kepada kita dalam kehidupan sehari-hari, pada https://brainly.co.id/tugas/28534336
  2. Materi tentang perilaku berbakti kepada kedua orang tua, pada https://brainly.co.id/tugas/38899133
  3. Materi tentang tidak ada larangan dalam islam untuk menjadi orang yang kaya, pada https://brainly.co.id/tugas/38379807

======================

Detail jawaban

Kelas : VII

Mata pelajaran : Agama Islam

Bab :  Perilaku terpuji  

Kode soal : 7.14.4

#AyoBelajar

apa pengertian bakti sosial

baksos adlh salah satu kegiatan wujud dari rasa kemanusiaan antara sesama manusia

Bakti sosial diadakan pada hari Jumat 10 Agustus 2018 bakti sosial dilakukan selama 4 Minggu kapan bakti sosial berakhir?

Jawaban:

7 September 2018

Penjelasan dengan langkah-langkah:

10 Agustus 2018

4 minggu = 4×7 hari

10+28 = 38 hari

Agustus = 31 hari

= 31 - 10 = 21 hari

28 -21 = 7

JAWAB: 7 September 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar