Kamis, 19 April 2018

Sebutkan Akibat Yang Ditimbulkan Oleh Konflik Sosial

sebutkan akibat yang ditimbulkan oleh konflik sosial

Akibatnya, yaitu:
1.Akibat negatif dari adanya konflik.

Retaknya persatuan kelompok. Hal ini terjadi apabila terjadi pertentangan antaranggota dalam satu kelompok.

Perubahan kepribadian individu. Pertentangan di dalam kelompok atau antarkelompok dapat menyebabkan individu-individu tertentu merasa tertekan sehingga mentalnya tersiksa.

Dominasi dan takluknya salah satu pihak. Hal ini terjadi jika kekuatan pihak-pihak yang bertikai tidak seimbang, akan terjadi dominasi oleh satu pihak terhadap pihak lainnya. Pihak yang kalah menjadi takluk secara terpaksa, bahkan terkadang menimbulkan kekuasaan yang otoriter (dalam politik) atau monopoli (dalam ekonomi).

Banyaknya kerugian, baik harta benda maupun jiwa, akibat kekerasan yang ditonjolkan dalam penyelesaian suatu konflik.

2. Akibat positif dari adanya konflik.

Konflik dapat meningkatkan solidaritas di antara anggota kelompok, misalnya apabila terjadi pertikaian antar-kelompok, anggota-anggota dari setiap kelompok tersebut akan bersatu untuk menghadapi lawan kelompoknya.

Konflik berfungsi sebagai alat perubahan sosial, misalnya anggota-anggota kelompok atau masyarakat yang berseteru akan menilai dirinya sendiri dan mungkin akan terjadi perubahan dalam dirinya.

Munculnya pribadi-pribadi atau mental-mental masyarakat yang tahan uji dalam menghadapi segala tantangan dan permasalahan yang dihadapi sehingga dapat lebih men-dewasakan masyarakat.

Dalam diskusi ilmiah, biasanya perbedaan pendapat justru diharapkan untuk melihat kelemahan-kelemahan suatu pendapat sehingga dapat ditemukan pendapat atau pilihan-pilihan yang lebih kuat sebagai jalan keluar atau pemecahan suatu masalah.
#Semoga Membantu!

Akibat yang ditimbulkan dari konflik sosial antara lain ....

Jawaban:

3. Dampak konflik sosial yang ditemukan dalam penelitian ini ada lima yaitu : 1) bertambah kuatnya rasa solidaritas kelompok, 2) hancurnya kesatuan kelompok, 3) perubahan dalam diri individu, 4) hancurnya nilai-nilai dan norma sosial, dan 5) hilangnya harta benda dan korban manusia.

akibat dari timbulnya konflik sosial

Terjadinya kelompok pro dan kontra yang menyebab kan perpecahan sosial

sebutkan akibat yang ditimbulkan karena adanya konflik sosial?​

Jawaban:

MENYEBABKAN

bertambah kuatnya rasa solidaritas kelompok

perubahan dalam diri individu

hancurnya kesatuan kelompok

hilangnya harta benda dan korban manusia

hancurnya nilai-nilai dan norma sosial

Penjelasan:

Semoga membantu

Akibat yang ditimbulkan dari konflik sosial antara lain

Jawaban:

1. Korban Jiwa dan Kerugian Harta Benda

Akibat yang ditimbulkan dari konflik di masyarakat yang pertama adalah adanya korban jiwa dan kerugian harta benda. Akumulasi korban jiwa dan kerugian kehilangan harta benda ini disebabkan karena konflik serta perseteruan yang besar seperti tawuran, pengeroyokan, kerusuhan, dan lain-lain.

Adapun akibatnya bisa berupa kerusakan fasilitas umum, kerusakan pada bunga dan tanaman, kerusakan pada rumah sipil maupun jenis bangunan yang lainnya.

2. Hancurnya Nilai-Nilai Sosial dan Norma Sosial

Akibat yang ditimbulkan dari konflik di masyarakat yang kedua adalah nilai dan norma sosial yang meliputi kesopanan, kasih sayang, kesusilaan, gotong royong, tepo sliro, dan sebagainya akan hancur. Apabila nilai dan norma sudah tidak lagi diterapkan maka akan timbul pikiran atau prasangka buruk serta rasa curiga antar sesama masyarakat.

3. Timbul Perpecahan di Masyarakat

Konflik dapat menyebabkan terjadinya perpecahan di masyarakat yang disebabkan karena adanya kesenjangan atau perbedaan-perbedaan di masyarakat seperti kesenjangan dalam bidang sosial, ekonomi maupun kepentingan sehingga dapat timbul perpecahan dan perselisihan.

4. Perubahan Kepribadian

Dampak yang terakhir dan paling akan dirasakan oleh individu yang berkonflik adalah adanya perubahan kepribadian. Dalam hal ini, seorang individu yang terlibat konflik akan mempengaruhi psikologis dan sifatnya, dimana ia akan cenderung akan lebih agresif, mudah marah, dan beringas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar